Hubungan Aktivitas Fisik Selama Pembelajaran Daring dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Keperawatan
DOI:
https://doi.org/10.46815/jk.v12i1.129Kata Kunci:
Aktivitas Fisik, Kebugaran Jasmani, Harvard Step Up TestAbstrak
Bekerja dari rumah, belajar dari rumah dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) merupakan upaya pemerintah dalam menekan angka penyebaran COVID-19. Mahasiswa merupakan bagian dari masyarakat yang mengalami dampak dari pembelajaran secara daring. Aktivitas fisik masyarakat selama pandemi COVID-19 dibeberapa negara mayoritas mengalami penurunan yang berpengaruh terhadap tingkat kebugaran jasmani. Kebugaran jasmani yang baik dibutuhkan oleh mahasiswa untuk melakukan aktivitas sehari-hari, salah satunya adalah kegiatan perkuliahan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik selama pembelajaran daring dengan tingkat kebugaran jasmani pada mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelatif untuk mengetahui hubungan aktivitas fisik dengan kebugaran jasmani, menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain cross sectional. Data diperoleh dari reponden penelitian berjumlah 60 orang yang kemudian dilakukan penilaian aktifitas fisik sehari-hari dan harvard step up test untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani. Selanjutnya data dianalisis bivariat menggunakan uji spearman’s rho. Setelah dilakukan analisis didapatkan hasil p=0,000 (<α 0,05), sehingga bermakna secara statistik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat hubungan aktivitas fisik selama pembelajaran daring dengan tingkat kebugaran jasmani mahasiswa. Sebagian besar mahasiswa memiliki aktivitas fisik ringan karena pembatasan aktivitas secara nasional selama pandemi COVID-19, hal tersebut berdampak pada kebugaran jasmani mahasiswa pasca pembelajaran daring dari rumah.
Unduhan
Referensi
Agung Priambadha, A. et al. (2019) ‘The Difference in Physical Fitness Levels of Indonesian Male and Female Junior High School Students’, 278(YISHPESS), pp. 101–104. doi: 10.2991/yishpess-cois-18.2018.25.
Agus, Supriadi . (2013). Manajemen Kebugaran . Padang : Sukabina Press
Arief, N. A., Kuntjoro, B. F. T. and Suroto, S. (2020) ‘Gambaran Aktifitas Fisik Dan
Perilaku Pasif Mahasiswa Pendidikan Olahraga Selama Pandemi Covid-19’, Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 19(2), p. 175. doi: 10.20527/multilateral.v19i2.9564.
Cefalu, W.T., Rodgers, G.P. (2021) 'Covid-19 and Metabolic Disease: A Heightened Awareness of Health Inequities and A Renewed Focus for Research Priorities', Cell Metabolism, 33(3), pp. 473-478. doi: 10.1016/j.cmet.2021.02.006.
Degele Shomoro and Soumitra Mondal (2014) ‘Comparitive Relationships of Selected Physical Fitness Variables among Different College Students of Mekelle University Eithopia Africa’, International Journal of Physical Education, Fitness and Sports, 3(1), pp. 07–14. doi: 10.26524/1412.
Dewi, T. A. P. and Sadjiarto, A. (2021) ‘Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Basicedu, 5(4), pp. 1909–1917. doi: 10.31004/basicedu.v5i4.1094.
Direktorat Jenderal P2PTM. (2017). Manfaat aktivitas fisik. Available at: https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/hipertensi/manfaat-aktivitas-fisik
Hapsari (2014) ‘Perbedaan Kesegaran Jasmani Dan Status Gizi Antara Perokok Dan Bukan Perokok Pada Siswa Putra Kelasix Smp N 1 Tlogowungu Pati Tahun Ajaran 2012/2013’, Unnes Journal of Public Health, 3(2), pp. 1–8. doi: 10.15294/ujph.v3i2.3485.
Hidayati, K.B., Farid, M. (2021) 'Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja', Jurnal Psikologi Indonesia, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 5(2), pp. 137-144.
Jamila, Ahdar and Natsir, E. (2021) ‘Problematika Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare’, L Ma’ Arief: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Budaya, 3(2), pp. 101–110. Available at: https://ejurnal.iainpare.ac.id/index.php/ALMAARIEF/article/view/2346.
Jarnig, G., Kerbl, R. and Poppel, M. N. M. Van (2022) ‘Measured before and during the Ongoing COVID-19 Pandemic’, Sports, 10, p. 78.
Kemenkes, Republik Indonesia. (2019). Laporan Nasional RISKEDAS 2018’, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, p. 198. Available at: http://labdata.litbang.kemkes.go.id/i
Li, H. and Cheong, J. P. G. (2022) ‘The Impact of the COVID-19 Pandemic on the Physical Fitness of Primary School Students in China Based on the Bronfenbrenner Ecological Theory’, Frontiers in Psychology, 13(June), pp. 1–9. doi: 10.3389/fpsyg.2022.896046.
Naesilla, Argarini, R. and Mukono, I. (2016) ‘Latihan Interval Intensitas Tinggi Menurunkan Tekanan Darah Sistol Istirahat Tetapi Tidak Menurunkan Tekanan Darah Diastol Dan Denyut Nadi Istirahat Pada Dewasa Muda Sehat Normotensif’, Sport and Fitness Journal, 4(1), pp. 16–24. Available at:https://ojs.unud.ac.id/index.php/sport/article/view/20200.
Nala, IGPN. (2015). Prinsip Pelatihan Fisik Olahraga. Denpasar: Udayana University Press.
Nienhuis, C. P. and Lesser, I. a. (2020) ‘The impact of COVID-19 on women’s physical activity behavior and mental well-being’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(23), pp. 1–12. doi: 10.3390/ijerph17239036.
Ningsih, S. (2020) ‘Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19’, JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 7(2), pp. 124–132. doi: 10.17977/um031v7i22020p124.
Kemenkes, Republik Indonesia. (2021). Keputusan Mentri Kesehatan RI tentang Data Penduduk Sasaran Program Pembangunan Kesehatan 2021-2025.
Penggalih, Hardiyanti, S. (2015) ‘Jurnal Keolahragaan’, Jurnal Keolahragaan, 3(September), pp. 218–227.
Pombo, A. et al. (2020) ‘Correlates of children’s physical activity during the COVID-19 confinement in Portugal’, Public Health, 189(January 2021), pp. 14–19. doi: 10.1016/j.puhe.2020.09.009.
Pratiwi, F, D. (2018). Tingkat kebugaran jasmani mahasiswa Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan angkatan tahun 2014 FIK Universitas Negeri Malang (Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/50591/
Reimers, A. K., Knapp, G. and Reimers, C. D. (2018) ‘Effects of exercise on the resting heart rate: A systematic review and meta-analysis of interventional studies’, Journal of Clinical Medicine, 7(12). doi: 10.3390/jcm7120503.
Setiawan, H., Munawwarah, M. and Wibowo, E. (2021) ‘Hubungan Aktivitas Fisik dengan Kebugaran dan Tingkat Stres pada Karyawan Back Office Rumah Sakit Omni Alam Sutera dimasa Pandemi Covid-19’, Physiotherapy Health Science (PhysioHS), 3(1), pp. 1–10. doi: 10.22219/physiohs.v3i1.16935.
Suryoadji, K.A., Nugraha, A. (2021) 'Aktivitas Fisik pada Anak dan Remaja Selama Pandemi Covid-19: A Systematic Review', Jurnal Khazanah UII, 13(1).
Ulfa, Z. D. and Mikdar, U. Z. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya’, JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(2), p. 124. doi: 10.26740/jossae.v5n2.p124-138.
Wijaya, T. T. et al. (2020) ‘Indonesian studentsâ€TM learning attitude towards online learning during the coronavirus pandemic’, Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), pp. 17–25. doi: 10.33292/petier.v3i1.56.
World Health Organization. (2022). Physical Activity. Available at: https://www.who.int/news-room
Xiang, Y. T. et al. (2020) ‘Timely mental health care for the 2019 novel coronavirus outbreak is urgently needed’, The Lancet Psychiatry, 7(3), pp. 228–229. doi: 10.1016/S2215-0366(20)30046-8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ratih Kusuma Dewi, Astika Nur Rohmah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel Serupa
- Merlis Simon, Rina, Wa ode Gita, Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Proses Persalinan dengan Tingkat Kecemasan di Ruang VK RSUD Sele Be Solu Kota Sorong , Jurnal Kesehatan : Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Kesehatan
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.