Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMK dalam Menghadapi Bencana Banjir
DOI:
https://doi.org/10.46815/jk.v12i1.130Abstrak
Pendidikan Kesehatan tentang bencana banjir sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang bencana banjir. Adanya pengetahuan dan sikap ini akan membantu siswa untuk siap menghadapi bencana sehingga akan menurunkan dampak, kerugian bahkan korban jiwa yang muncul akibat bencana banjir. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap dalam menghadapi bencana banjir pada siswa SMK Raflesia Depok. Desain penelitian menggunakan metode pre experimental, design pre dan post test dalam satu kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Raflesia Depok. Sampel penelitian berjumlah 32 orang dengan menggunakan teknik non probability sampling, metode concecutive sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah Pendidikan Kesehatan tentang banjir. Variabel independen adalah pendidikan kesehatan sedangkan variable dependennya adalah pengetahuan dan sikap. Uji statistik menggunakan uji Wilcoxon dengan signifikan α < 0,05 untuk variable pengetahuan dan signifikan α < 0,10 untuk variabel sikap. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,074) pada siswa SMK Raflesia Depok sebelum dan sesudah Pendidikan Kesehatan. Selain itu terdapat hubungan antara pengetahuan dan sikap sebelum Pendidikan (p=0,015) dan sesudah Pendidikan Kesehatan (p=0,001) yang berarti bahwa semakin tinggi pengetahuan maka, semakin meningkat sikap siswa dalam menghadapi banjir. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Pendidikan Kesehatan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap pada siswa SMK Raflesia Depok dalam menghadapi bencana banjir. Diharapkan bahwa sekolah membekali siswa Pendidikan Kesehatan tentang bencana banjir.
Unduhan
Referensi
Adlina, N., Agussabti;, & Hermansyah. (2014). Kesiapsiagaan Masyarakat dalam Menghadapi Situasi Bencana Gunung Api Seulawah Agam Di Wilayah Kecamatan Saree Kabupatenaceh Besar. Jurnal Ilmu Kebencanaan (JIKA) Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 1(1), 17–25. Retrieved from https://jurnal.usk.ac.id/JIKA/article/view/2469
AhbiRami, R., & Zuharah, W. F. (2020). School-based health education for dengue control in Kelantan, Malaysia: Impact on knowledge, attitude and practice. PLOS Neglected Tropical Diseases, 14(3), 1–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1371/journal.pntd.0008075 M
Alallah, H. A., Denny, H. M., & Suroto. (2019). Effect Of Disaster Emergency Response Education On Knowledge, Attitude, Practice, Among Islamic Boarding School Students. The International Journal of Health, Education and Social, 2(10), 1–8. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1234/ijhes.v2i10.36
Amri, A., Bird, D. K. ., Ronan, K., Haynes, K., & Towers, B. (2017). Disaster risk reduction education in Indonesia: challenges and recommendations for scaling up. Natural Hazards and Earth System Sciences, 17, 595–612. https://doi.org/:10.5194/nhess-17-595-2017
Aprilin, H., Haksama, S., & Makhfludi. (2018). Kesiapsiagaan Sekolah Terhadap Potensi Bencana Banjir Di Sdn Gebangmalang Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Jurnal Biosains Pascasarjana, 20(2), 133–145. Retrieved from https://e-journal.unair.ac.id/BIOPASCA/article/view/11711
Astuti, N. M. W., Werdhiana, I. K., & Wahyono, U. (2021). Impacts of direct disaster experience on teachers’ knowledge, attitudes and perceptions of disaster risk reduction curriculum implementation in Central Sulawesi, Indonesia. International Journal of Disaster Risk Reduction, 53(101992). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101992
BNPB. (2023). No Titl. Retrieved from Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) website: https://dibi.bnpb.go.id/
DEPOK, B. (2023). DPUPR Depok Petakan 13 Titik Banjir dan Longsor. Berita Depok. Retrieved from https://berita.depok.go.id/dpupr-depok-petakan-13-titik-banjir-dan-longsor
Hakim, L., & Widyawati, M. (2021). The Effect of Disaster Management Training with Simulation Method on Flood Disaster Preparedness Behavior in SMAN 2 Tuban Students. Aloha International Journal of Health Advancement (AIJHA), 4(5), 108–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33846/aijha40502
Kamesyworo;, & Haryanti, E. (2021). The Effect of Flood Disaster Preparendness Education on Public Knowledge In Perigi Vilage Pulau Pinang Sub District, Lahat District In 2020. STRADA Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(1), 37–43. https://doi.org/https://doi.org/10.30994/sjik.v10i1.587
Mabuku, M. P., Senzanje, A., Mudhara, M., Jewitt, G., & Mulwafu, W. (2018). Rural households’ flood preparedness and social determinants in Mwandi district of Zambia and Eastern Zambezi Region of Namibia. International Journal of Disaster Risk Reduction, 28, 155–160. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.03.014
Mohammad, W. M. Z. W., Mansor, W. N. A. W., Hamid, N. A. A. ., Sukeri, S., Hassan, H., Mohamed, Z., … Zakaria. (2020). Effectiveness Of Community-Based Health Education On Preparedness For Flood-Related Communicable Diseases In Kelantan. Malaysian Journal of Public Health Medicine, 20(3), 117–124. https://doi.org/DOI: 10.37268/mjphm/vol.20/no.3/art.647
Nakanishi, H., & Black, J. B. (2018). Implicit and explicit knowledge in flood evacuations with a case study of Takamatsu, Japan. International Journal of Disaster Risk Reduction, 28, 788–797. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2018.02.008
Nakano, G., & Yamori, K. (2021). Disaster risk reduction education that enhances the proactive attitudes of learners: A bridge between knowledge and behavior. International Journal of Disaster Risk Reduction, 66(102620). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2021.102620
Nurmala, I., Rahman, F., Nugroho, A., Erlyani, N., Laily, N., & Anhar, V. Y. (2018). Promosi Kesehatan (Cetakan Pe). Surabaya: Airlangga University Press.
Pamidimukkala, A., & Kermanshachi, Sharareh; Karthick, S. (2020). Impact of Natural Disasters on Construction Projects: Strategies to Prevent Cost and Schedule Overruns in Reconstruction Projects. In M. J. S. & M. Hajdu (Ed.), Proceedings of the Creative Construction e-Conference (pp. 103–110). Budapest University of Technology and Economics & Diamond Congress Ltd. https://doi.org/https://doi.org/10.3311/CCC2020-061
Patel, R. K., Pamidimukkala, Apurva; Kermanshachi, S., & Ghasrodashti, R. E. (2023). Disaster Preparedness and Awareness among University Students: A Structural Equation Analysis. International Journal Environmental Research and Public Health, 20(5), 4447. https://doi.org/https://doi.org/10.3390/ijerph20054447
Prihantana, A. S., & Wahyuningsih, S. S. (2016). Hubungan Pengetahuan dengan Tingkat Kepatuhan Pengobatan pada Pada Pasien Tuberkulosis di RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Farmasi Sains Dan Praktis, II(1), 47.
Romdhonah, D. L., Sucipto, A., & Nekada, C. D. Y. (2019). Pengaruh Edukasi Managemen Bencana Gempa Bumi Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Gempa Bumi. Jurnal ILKES (Jurnal Ilmu Kesehatan), 10(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.35966/ilkes.v10i1.106
Saanun, F., Kumaat, L. T., & Mulyadi. (2017). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Kesiapsiagaan Dalam Menghadapi Bencana Tanah Longsor Pada Siswa Kelas Xi Smk Negeri 6 Manado. E-Journal Keperawatan (e-Kp, 5(1), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.35790/jkp.v5i1.14672
Seddighi, H., Sajjadi, H., Yousefzadeh, S., L´opez, M. L., Vameghi, M., Rafiey, H., & Khankeh, H. (2021). School-Based Education Programs for Preparing Children for Natural Hazards: A Systematic Review. Disaster Medicine and Public Health Preparedness, 16(3), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/ dmp.2020.479
Shah, A. A., Gong, Z., Ali, M., Sun, R., Naqvi, S. A. A., & Arif, M. (2020). Looking through the Lens of schools: Children perception, knowledge, and preparedness of flood disaster risk management in Pakistan. International Journal of Disaster Risk Reduction, 50(101907). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101907
Simeulu, P., & Asmanidar. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi pada Siswa SD No 7 Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. Serambi Akademica Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Humaniora, 8(3), 379–386. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v8i3.2119
Siswi, D., Setioputro, B., & Wantiyah. (2023). The Effectiveness of Audiovisual Media Health Education on Flood Disaster Preparedness in Elementary School Children. Jurnal Kegawatdaruratan Medis Indonesia (JKMI), 2(1), 26–42. https://doi.org/https://doi.org/10.58545/jkmi.v2i1.41
Suardana, K., & Mertha, I. M. (2021). Pengaruh Pelatihan Siaga Bencana Menggunakan Modul Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Menghadapi Bencana Alam Di Sma Negeri 1 Bangli. Community of Publishing In Nursing (COPING), 9(6), 726–734. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2607034
Sufian, A., Chi, C. J., Azman, H., Aziz, N. A. A., Fen, F. S., & Zamri, A. A. M. (2022). Assessing Residents’ Flood Preparedness through Adaption of Protective Behaviour in Melaka, Malaysia. Environment and Ecology Research, 10(3), 334–335. https://doi.org/DOI: 10.13189/eer.2022.100302
Taviyanda;, D., Richard;, S. D., & Rimawati. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri tentang Penanganan Dismenore dengan Kompres Hangat di SMA Katolik Santo Augustinus Kediri. Jurnal Kesehatan, 11(2), 107–114. https://doi.org/https://doi.org/10.46815/jk.v11i2.99
Tutuba, H. J. ., Jonathan, A., Lloyd, W., Masamu, U., Marco, E., Makani, J., … Balandya, E. (2023). The efcacy of maternal health education and maternal screening on knowledge and the uptake of infant screening for sickle cell disease in Dar-Es-Salaam, Tanzania; a quasi experimental study. BMC Public Health, 23(70). https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12889-022-14859-2
Utami, S. N. (2023). Apa yang Menyebabkan Indonesia Rawan terhadap Bencana Alam? Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Apa yang Menyebabkan Indonesia Rawan terhadap Bencana Alam?”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/25/152045469/apa-yang. KOMPAS. Retrieved from https://www.kompas.com/skola/read/2022/03/25/152045469/apa-yang-menyebabkan-indonesia-rawan-terhadap-bencana-alam
Wawan, A., & M, D. (2014). Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Manusia, dilengkapi Contoh Kuesioner (Cetakan II). Yogyakarta: Nuha Medika.
Wiguna, S., Syauqi, Shalih, O., Adi, A. W., Shabrina, F. Z., Rizqi, A., … Rahmawat, I. (2020). IRBI Indeks Risiko Bencana Indonesia Tahun 2020 (Ridwan Yunus, Ed.). Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana.
Wulandari, F., Budijanto, B., Bachri, S., & Utomo, D. H. (2023). The relationship between knowledge and disaster preparedness of undergraduates responding to forest fires. Jàmbá: Journal of Disaster Risk Studies, 15(1), a1408. https://doi.org/’, Jàmbá: Journal of Dhttps://doi.org/10.4102/ jamba.v15i1.1408
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Weni Widya Shari

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel Serupa
- Ratih Kusuma Dewi, Astika Nur Rohmah, Hubungan Aktivitas Fisik Selama Pembelajaran Daring dengan Tingkat Kebugaran Jasmani Mahasiswa Keperawatan , Jurnal Kesehatan : Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Kesehatan
Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.