Gambaran Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan Pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid-19

Penulis

  • Meirachel D’amorina Widi Ariawan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • Yullya Permina Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • I Wayan Sudarta Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta
  • Nimsi Melati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bethesda Yakkum Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.46815/jk.v13i2.277

Abstrak

Peralihan pembelajaran daring ke luring membuat mahasiswa harus beradaptasi kembali sehingga menyebabkan minat belajar mahasiswa berkurang. Studi awal yang dilakukan kepada 10 mahasiswa ditemukan lebih minat dengan pembelajaran online karena bisa melakukan banyak kegiatan dibandingkan offline yang mempunyai banyak hambatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran minat belajar mahasiswa keperawatan pada pembelajaran luring pasca pandemi Covid-19 di STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta Tahun 2024. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan data wawancara mendalam (deep interview). Teknik analisis data dengan metode transkiping, koding, kategorisasi, tema, dan triangulasi sumber. Populasi mahasiswa Prodi Sarjana Keperawatan tingkat III angkatan 2021 berjumlah 61 mahasiswa dengan purposive sampling, sampel 7 mahasiswa. Hasil penelitian dari wawancara didapatkan 26 koding dan 6 tema: 1) Dampak pembelajaran, 2) Mengatasi bosan pembelajaran, 3) Motivasi pembelajaran, 4) Hambatan pembelajaran, 5) Organisasi kelas, 6) Proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah minat belajar mahasiswa lebih senang mengikuti pembelajaran secara luring karena materi lebih mudah dipahami, bisa langsung berinteraksi dengan dosen dan teman – teman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Alfath, T. P. S. F. D. P. D. D. R. E. P. N. F. dan M. (2022). Analisis Transisi Pembelajaran Luring Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Negeri Semarang Pasca Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education and Technology, 2(2), 133–140.

Anas, M., & Aryani, F. (2014). Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan INSANI, 16(1), 41–46.

Aswin, D., Irwan, & Yelly, P. (2021). Perbedaan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Swasta Tamansiswa Binjai Dengan Pembelajaran Daring Dan Pembelajaran Luring Pada Masa Pandemi COVID-19. 7(2), 1–23.

Azmi, A., Wildan, W., Muntari, M., & Andayani, Y. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Luring Terhadap Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Mataram Tahun 2021. Chemistry Education Practice, 5(1), 66–70. https://doi.org/10.29303/cep.v5i1.3154

Cahyo, A. D. (2022). Penerapan Konsep Moderasi Beragama Sebagai Upaya Meminimalisir Konflik Sosial Keagamaan Di Madrasah Negeri 5 Lampung Utara. MODERATIO: Jurnal Moderasi Beragama, 2(2), 59. https://doi.org/10.32332/moderatio.v2i2.5817

Erawan, A. N., Arifin, A. Y., & Rejeki, Y. F. (2024). Satisfaction of Undergraduate Nursing Students STIKes Dharma Husada About Blended Learning Methods. 6(2), 314–318. https://doi.org/10.35568/healthcare.v6i2.4701

Hartati, T. A. W., & Habibi, A. I. (2019). Kecenderungan Gaya Belajar Mahasiswa Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) Angkatan 2018 di IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 27(II), 136. https://doi.org/10.21009/parameter.272.05

Irsyad, T., Wuryandini, E., Yunus, M., & Hadi, D. P. (2020). Analisis Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Statistika Mulitvariat. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 89. https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.24294

Jamilah, J. (2020). Guru profesional di era new normal: Review peluang dan tantangan dalam pembelajaran daring. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 238. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.7494

Jannah, M., Bustamam, N., & Yahya, M. (2020). KESIAPAN DIRI MAHASISWA DALAM MENGHADAPI PERKULIAHAN DARING. 21(1), 1–9.

Loviana, S., & Baskara, W. N. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Pada Kesiapan Pembelajaran Tadris Matematika Iain Metro Lampung. Epsilon: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 61–70.

Nuryati, N., Pramono, A. E., & Desristanto, P. (2021). Perspektif Mahasiswa Mengenai Kendala dalam Pembelajaran Kodifikasi Klinis Secara Daring. Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(3), 190. https://doi.org/10.22146/jkesvo.65983

Sahaya Ami, D. E., & Yuniantaq, T. N. H. (2020). Profil Karakter Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 414–423. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.241

Wulandari, F. (2019). Kesadaran Diri dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM, 1–5.

Yanti, F. P., Nasution, I. N., & Aiyuda, N. (2022). Berselancar di Internet untuk Menghilangkan Rasa Bosan Ketika Melakukan Pembelajaran Daring. Jurnal Riset Psikologi, 2, 109–114. https://doi.org/10.29313/jrp.v2i2.1600

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-26

Cara Mengutip

D’amorina Widi Ariawan, M. ., Permina, Y., Sudarta, I. W. ., & Melati, N. . (2024). Gambaran Minat Belajar Mahasiswa Keperawatan Pada Pembelajaran Luring Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 13(2), 221–230. https://doi.org/10.46815/jk.v13i2.277