Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Citra Arafiq

Penulis

  • Susilawati Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Raflesia
  • Siti Wulandari Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Raflesia
  • Andri Yan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Raflesia
  • Yulia Anggraeni H P Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Raflesia

DOI:

https://doi.org/10.46815/jk.v13i1.199

Kata Kunci:

Bauran Pemasaran, Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan

Abstrak

Setiap rumah sakit harus memberikan pelayanan prima karena pasien mengharapkan barang atau jasa diterima dengan baik. Kepuasan pasien ditentukan dari peran mutu sebuah produk dan kualitas jasa yang diberikan. Untuk memastikan kepuasan pasien, layanan berkualitas tinggi harus dibangun di atas standar mutu untuk memenuhi kebutuhan pasien.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien melalui kualitas pelayanan di Rumah Sakit Citra Arafiq Depok Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel 93 responden. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dari software SPSS, analisis measurement model dan model struktural dari software SEM. Temuan penelitian ini adalah bauran pemasaran berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai t 2,090 dan sig 0,039. Bauran pemasaran berpengaruh terhadap kualitas pelayanan dengan nilai t 12,88 dan sig 0,000. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pasien dengan nilai t 3,237 dan sig 0,002. Kualitas pelayanan berpengaruh negatif terhadap kepuasan pasien dan adanya pengaruh secara opposite bauran pemasaran terhadap kepuasan pasien dengan kualitas pelayanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Angga, A., Syaodih, E., & Rachman, A. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Lira Medika Karawang. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 4(3), 33–38. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v4i3.639

Ghozali, I. (2008). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square (pls). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasrianty, Sudirman, & Rosnawati. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Wilayah Kerja Puskesmas Dolo Kabupaten Sigi. Jurnal Kalaboratif Sains, 3(1), 1–10.https://citraarafiqhospital.com/, Diakses 25 Desember 2021

Kemenkes. (2009) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 Tentang Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indonesia. 2(5), 255.

Kemenpar RI. (2003). Pedoman Umum Penyelenggaraan Publik. Keputusan Menteri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63.

Nurlia, N. (2018). Strategi Pelayanan dengan Konsep Service Excellent. Meraja journal, 1(2), 17-30.

Pangaribuan, R., Handini, M. C., Sinaga, J., Ginting, D., Tarigan, F. L., & Siagian, M. T. (2023). KETIDAK PUASAN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(2), 1459-1470.

Parendreng, P., & Tasnim, T. (2019). Kontribusi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pasien Untuk Memilih Layanan Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kolaka Timur. PROMOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9(2), 159-169.

Pearce, J. A., & Robinson, R. B. (2007). Manajemen Strategi. Jakarta: Salemba Empat.

Peoni, M., Rombe, E., & Parubak, B. (2018). Bauran Pemasaran Jasa terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rehabilitasi Medik Fisioterapi Rumah Sakit Undata Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 4(2), 173-184.

Rahmi, N. H., Sampurno, S., & Sumaryono, W. (2019). PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PUSKESMAS BOJONG NANGKA TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS. Media Farmasi: Jurnal Ilmu Farmasi, 16(1), 41-50.

Rifai, M. I., & Susanto, S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Ahmad Daulan, 10(1), 33-38.

Rismiati, E. C., & Suratno, I. B. (2001). Pemasaran barang dan jasa. Penerbit Kanisius.

ruh Variabel Overall Customer Satisfaction Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Produk Air Minum Dalam Kemasan Merek Aqua di Kota Semarang. JURNAL STIE SEMARANG (EDISI ELEKTRONIK), 6(2), 25-49.

Sriwardani, S. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Lasik Centre Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung. Almana, 1(3), 100-108.

Suhartini, T., & Saryomo, S. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jaminan Kesehatan Nasional Di Klinik Kota Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah Bengkulu, 7(1), 46–54.

Tjiptono, C. (2014). service qualitya & satisfaction, edisi 3 Yogyakarta: UPP AMP. Tjiptono, Fandy.

Utami, T. Annisa, Hilmy M. Reza. (2020). Kualitas Pelayanan dan Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Ibu Anak Asih Jakarta Selatan Journal of Hospital Management ISSN (Print) : 2615-8337 Vol.3, No.2, September 2020

Wira, R. V. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Horas Insani Pematangsiantar tahun 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).

Yuliantine, T., Indasah, I., & Siyoto, S. (2018). Analysis of marketing mix characteristics of marketing factor 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Building) to patient satisfaction of inpatient patient hospital Muhammadiyah Ahmad Dahlan Kediri City. Journal for Quality in Public Health, 1(2), 50-57.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-28

Cara Mengutip

Susilawati, Wulandari, S., Yan, A., & P, Y. A. H. (2024). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Pasien Melalui Kualitas Pelayanan di Rumah Sakit Citra Arafiq. Jurnal Kesehatan, 13(1), 101–115. https://doi.org/10.46815/jk.v13i1.199