Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Poliklinik Rawat Jalan di Rumah Sakit
DOI:
https://doi.org/10.46815/jk.v13i1.256Kata Kunci:
Poliklinik, Rumah Sakit, Waktu TungguAbstrak
Rumah sakit adalah penyelenggara pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyelenggarakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Pelayanan rawat jalan rumah sakit adalah pelayanan Kesehatan yang dilakukan di poliklinik. Berdasarkan Kemenkes RI tahun 2007 bahwa ideal waktu pelayanan di rawat jalan adalah kurang dari 60 menit. Namun dalam pelaksanaanya masih terdapat pelayanan di poliklinik yang melebihi waktu standar yang telah diteteapkan. Waktu tunggu yang lama dapat mengakibatkan terjadinya kejenuhan menunggu, ketidak puasan layanan pada pasien, dan berpotensi terjadinya komplain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu tunggu pasien poliklinik di beberapa rumah sakit dan mengetahui penyebab terjadinya waktu tunggu melebihi ketetapan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian literature review dengan melakukan tinjauan di beberapa artikel jurnal. Data yang ditemukan adalah hasil tinjauan pustaka artikel berbasis google scholar menggunakan kata kunci waktu tunggu, analisis waktu tunggu, dan waktu tunggu poliklinik dengan Batasan waktu terbit jurnal 2019 hingga 2023. Terdapat 8 artikel yang memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa masih banyak terdapat pelayanan di poliklinik dengan waktu tunggu lebih dari 60 menit. Penyebab terjadinya waktu tunggu lebih dari yang ditetapkan kemenkes RI tahun 2007 diantaranya adalah lamanya dalam penediaan berkas rekam medis, lama proses pemeriksaan pasien, antrian dalam pendaftaran pasien menumpuk, dan keterlambatan dokter. Rumah sakit dengan ditemukan kasus waktu tunggu yang lama diharapkan mampu membuat sistem atau aturan baru yang diharapkan mampu memperbaiki pelayanan yang sudah ada berkaitan dengan waktu tunggu pasien di poliklinik.
Unduhan
Referensi
Agustina, F., Adyas, A., Djamil, A., Pramudh, K., & Rahayu, D. (2023). Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 5(9), 3211-3228. doi:https://doi.org/10.33024/mnj.v5i9.7471
Astari, D. W., Sugiarti, T., & Rostieni, N. (2022). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Di Pusat Mata. (2, Ed.) The Journal Of Hospital Accreditation, 04, 70-75.
Ernawati , E., Pertiwiwati, E., & Setiawan, H. (2019). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Nerspedia, 1(1), 1-10. From https://nerspedia.ulm.ac.id/index.php/nerspedia/article/view/6
Fatirda, D., & Saputra, A. (2019). Hubungan Waktu Tunggu Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan. Jurnal "Aisyiyah Medika, 4(1), 11-21. doi:https://doi.org/10.33024/mnj.v5i9.7471
Kemenkes RI. (2007). Keputusan (MENKES) Menteri Kesehatan Nomor 1165/MENKES/SK/X /2007.
Kemenkes RI. (2008). Peraturan Kementrian Kesehatan RI Nomor 129/Menkes/SK/II/2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI.
Laeliyah, N., & Subekti, H. (2020). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rawat Jalan RSUD Kabupaten Indramayu. JKesV Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2). From http://journal.ugm.ac.id/jkesvo
Nengah, Suarmayasa , I Ketut Swarjana , I Gusti Agung Saraswati Jelantik, Nyoman Widiasih , Ni Wayan Niwi Raga. (2023). Specific Waiting Time Pelayanan Pasien di Poliklinik rawat jalan RSUD mangusada. Jurnal Riset Kesehatan nasional Vol 7 From :https://doi.org/10.37294
Nurfadillah, A., & Setiatin, S. (2021). Pengaruh Waktu Tunggu Pasien Rawat Jalan Terhadap Kepuasan Pelayanan Pendaftaran Di Klinik X Kota Bandung. CERDIKA Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(9). doi:https://doi.org/10.59141/cerdika.v1i9.194
Nur Laelasari.,Herusubekti. (2020) Waktu Tunggu Pelayanan Rawat jalan dengan Kepuasan Pasien Polikilini RSUD Indramayu Jkesvo (Jurnal Kesehatan Vokasional) Vol. 1 No 2 – April 217 ISSN (Print) 2541-0644 Dapat di akses di http://journal.ugm.ac.id/jkesvo
Purnomo, W., Hariyanti, T., & Prastowo, W. (2021). Analisa Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan. Journal Universitas Brawijaya.
Sumayku, I. M., Pandelaki, K., Kandou, G. D., Wahongan, P. G., & Nelwan, J. E. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Waktu Tunggu Pelayanan di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Sentra Medika Kabupaten Minahasa. e-CliniC, 11, 1-10. doi:https://doi.org/10.35790/ecl.v11i1.44251
Wardani, P. (2021). EVALUASI STANDAR PELAYANAN MINIMAL LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN DI KLINIK BINTANG MEDITAMA. CERDIKA Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(11). doi:10.36418/cerdika.v1i11.229
Wowor, A. Y., & Siswati. (2022). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien BPJS Rawat Jalan Klinik Saraf. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3, 120-126. doi:https://doi.org/10.31004/jkt.v3i1.3823
Wulandari, F. R., Fannya, P., Dewi, D. R., & Putra, D. H. (2023). Tinjauan Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan Poli Jantung di Rumah Sakit Angkatan Laut Marinir Cilandak Tahun 2022. Student Scientific Creativity Journal (SSCJ), 1, 4. doi:https://doi.org/10.55606/sscj-amik.v1i4.1548
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Florensiya Fina Setiyawati, Andreas Kurnianto, C. Ermayani Putriyanti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Andreas Kurnianto, Analisis Implementasi Tujuh Langkah Menuju Keselamatan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit , Jurnal Kesehatan : Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Kesehatan
- Aghesta Intan Nugraheni, C. Ermayani Putriyanti, Andreas Kurnianto, Tinjauan Literatur: Evaluasi Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Indonesia , Jurnal Kesehatan : Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Kesehatan
- Desak Putu Kristian Purnamiasih, C. Ermayani Putriyanti, Tinjauan Literatur: Pengaruh Pemberian Madu untuk Anak Diare , Jurnal Kesehatan : Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Kesehatan